Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Website Mobile Friendly pada Mata Kuliah Elemen Mesin

Authors

  • Dewi Puspita Sari Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya
  • Darlius Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya
  • Harlin Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jrm.v20i1.209

Keywords:

Electronic module, Machine Elements, website, mobile friendly

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul elektronik mata kuliah Elemen Mesin berbasis website mobile friendly yang valid, praktis dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model FourD. Model FourD dipilih karena memiliki tahapan yang lebih lengkap dibandingkan model lainnya. Berdasarkan hasil, penilaian materi dan media modul masing-masing sebesar 92% dan 93%, dimana ini dikategorikan valid. Lebih lanjut, berdasarkan hasil one to one, small group dan field test, modul elektronik Elemen Mesin ini dikategorikan praktis. Efektivitas modul dan materinya diuji dan dianalisis menggunakan standar gain. Hasil perhitungan menggunakan standar gain, modul dan materinya adalah efektif. Dengan demikian, modul dan materinya dapat dikatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto, “Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar,” Yogyakarta Gava Media, 2013.

J. W. Kuswinardi, “Pengembangan Sistem Konten Electronic-Book Terpadu untuk Media Pembelajaran Berbasis Web,” J. Mat. dan Komput. Indones. Vol. 1 No, vol. 2, 2009.

Sugiyono, “Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D,” Alpabeta, Bandung, 2011.

P. Setyosari, “Metode penelitian pendidikan dan pengembangan.” Jakarta: kencana, 2010.

E. Mulyatiningsih and A. Nuryanto, “Metode penelitian terapan bidang pendidikan,” 2014.

Published

2020-03-01

How to Cite

Puspita Sari, D., Darlius, & Harlin. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Website Mobile Friendly pada Mata Kuliah Elemen Mesin. Jurnal Rekayasa Mesin, 20(1), 15–18. https://doi.org/10.36706/jrm.v20i1.209