Analisis Kegagalan pada Rangka Mesin Perontok Padi Kapasitas 1 Ton/Jam Menggunakan Metode Von Misses

Authors

  • Aji Abdillah Kharisma Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
  • Muhammad Erlian Marsaoly Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.36706/jrm.v20i2.64

Keywords:

analisa von misses & displacement, rangka perontok padi, safety factor

Abstract

Perontokan merupakan proses pasca musim panen padi yang sudah bisa dipanen kemudian padi yang telah layak untuk dipanen dirontokan untuk memisahkan bulir padi jeraminya. Prinsip kerja dari mesin perontok padi adalah merontokan bagian tangkai padi sampai bulir padi terlepas. Mesin perontok padi ini berkapasitas kurang lebih 1 Ton/Jam. Pada penelitian ini akan membahas tentang analisa stress dan strain serta keamanan (safety factor) rangka mesin perontok padi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode perbandingan perhitungan secara aktual dan simulasi software solidwork. Perhitungan aktual dan simulasi yang dilakukan terdiri dari nilai Displacement, Von Misses Stress, Strain dan keamanan rangka berguna untuk memenuhi standar keamaan yang baik. Material rangka mesin perontok padi adalah ASTM A36. Material tersebut akan  menerima gaya pembebanan dari tekan (tegangan), perubahan bentuk deformasi atau strain. Berdasarkan hasil analisa simulasi rangka mesin perontok padi didapatkan nilai von misses 91,95 MPa dan perhitungan aktual von misses (stress) sebesar 88,72 MPa dengan persentase perbandingan hasil sebesar 3%. Pada hasil perhitungan nilai displacement (strain) secara aktual bernilai 0,23 mm dan hasil analisa simulasi sebesar 0,21 mm dengan persentase perbandingan hasil sebesar 8%, sedangkan hasil perhitungan aktual safety factor adalah 2,71 ul dan pada safety factor pada analisa simulasi software sebesar 2,72 ul dengan persentase perbandingan sebesar 3 %. Berdasarkan hasil dari perhitungan aktual dan analisa simulasi bahwa nilai safety factor diantara 1 sampai 10 dan von misses ? 200 MPa (Modulus Elasticity) material ASTM A36 yang artinya bahwa rangka pada mesin perontok padi memenuhi standar keamanan yang baik dalam perancangannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Oloan T.P, Analisa Sudut Kemiringan Gigi Perontok Terhadap Peningkatan Kapasitas Mesin Perontok Padi, Volume 5, (No.1), Jurnal Desiminasi Teknologi, Universitas Tridinanti, Palembang, 2017.

Tim Lab CAR & Gambar Teknik, Analisis dan Simulasi Sistem Mekanikal dengan Software SOLIDWORKS. Depok : Universitas Gunadarma, 2016.

Laboratorium Teknik Mesin Lanjut, Modul Praktikum Material Teknik, Universitas Gunadarma, Jakarta, 2015.

Dassault Systemes Solidworks Corporation, Introducing Solidworks. USA : A Dassault Systemes S.A Company, 2014.

A.Z, Uthami, Solidworks, Alat Bantu Merancang Komponen dengan mudah, Modula, Bandung, 2010.

Koes Sulistiaji, Buku Alat Mesin Panen dan Perontok Padi di Indonesia, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian,Serpong, 2007.

D. Rahdiyanta, PROSES BUBUT (TURNING), BUKU 2, 1st ed. Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.

Published

2021-02-07

How to Cite

Kharisma, A. A., & Marsaoly, M. E. (2021). Analisis Kegagalan pada Rangka Mesin Perontok Padi Kapasitas 1 Ton/Jam Menggunakan Metode Von Misses. Jurnal Rekayasa Mesin, 20(2), 13–18. https://doi.org/10.36706/jrm.v20i2.64